Waspada! Ransomware Sekarang Menggunakan Online Key

Ransomware Online Key
Hallo gays, dikesempatan kali ini admin akan membahas tentang ransomware lagi. Kenapa admin membahas tentang ransomware kembali? padahal di postingan sebelumnya sudah pernah dibahas?. Jika kalian semua penasaran sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Nah admin membahas ransomware lagi karena admin mendapatkan info terbaru dari pusat. Isinya adalah sekarang ransomware sudah menggunakan Online ID Key untuk mengenskripsi data kalian.

Ini dimulai dari bulan agustus dan para penjahat mulai melakukan banyak perubahan dari virus yang mereka buat, Salah satu perubahanya adalah mereka mulai menggunakan ONLINE Key untuk mengenskripsi data.

Apa Itu Ransomware


Ransomware adalah sebuah program atau perangkat yang didesain untuk memeras korban dengan cara memblokir akses kepada sistem komputer sampai meminta tebusan.

Ini biasanya dilakukan dengan cara mengenskripsi data-data sikorban sehingga tidak ada cara lain untuk membuka data tersebut selain dengan cara membayar kepada para pelaku.

Ransomwra sudah ada sejak tahun 1989 yang diberi nama "PC Cyborg trojan horse virus", virus tersebut memeras korban hingga 13 juta untuk dapat mendapatkan datanya kembali. Dan sampai sekarang Ransomware baru masih dapat kita temui di lokasi-lokasi tertentu.

Jenis-Jenis Ransomware


Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis ransomware yang sudah tersebar mulai dari awal terbentuknya sampai sekarang. Sudah tidak dapat dihitung jumlahnya karena setiap hari pasti ada jenis yang baru. 

Salah satunya adalah PUMA, DJVU, PROMO, dll. Masing masing jenis ransomware memiliki id key yang unik dan id key tersebut yang membuat data kita terenskripsi atau lebih mudahnya sebuah hash dari keynya.


Perbedaan Online Key dan Offline Key


Pada dasarnya sebuah Ransomware menggunakan Online key, tetapi ada juga yang offline key. Lalu apa maksudnya dari kata-kata diatas? Admin akan membahasnya secara tuntas.

A. Online Key


Online Key adalah sebuah kunci yang sebenarnya masih belum bisa ditemukan/tersembunya. Nah biasanya Key tersebut bisa jadi disembunyikan di sebuah data base si penjahat. Jadi tidak ada cara lain untuk mengembalikanya selain membayar dengan uang yang telah disepakati.

B. Offline Key


Offline Key adalah sebuah kunci yang berhasil ditemukan seseorang dan bisa untuk membuka semua jenis ransomware yang memiliki id key yang sama. Tetapi offline key tidak bisa untuk membuka datas yang dienskripsi dengan online key.

Solusi


Untuk sekarang solusi yang paling baik adalah jangan pernah menebus data tersebut dikarenakan jika anda menebusnya maka akan membuat si penjahat semakin bersemangat dalam menyebarkanya. Jadi kalian bisa mengikuti tutorial di artikel berikut ini:


Sekian untuk artikel kali ini, jika ada lsalah kata mohon dimaklumi karena anusia tidak luput dari yang namanya sallah