Tips Agar Penyimpanan Internal Ponsel Tidak Cepat Penuh

Berbagai ponsel pintar keluaran terbaru sudah di lengkapi dengan penyimpanan memori internal yang besar. Namun bagaimana dengan ukuran penyimpanan ponsel lama? Sama saja besar karena di kisaran 5-10 GB.


Namun untuk beberapa brand seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, Asus, dll. Rom bawaan sering kali memakan banyak ruang dan mengakibatkan sistem operasi terganggu. Hal ini bisa terjadi karena cace yang terlalu besar dan memakan banyak ruang penyimpanan.

Ada beberapa tips untuk mengatasi penyimpanan internal yang cepat penuh, untuk itu mari kita bahsa satu persatu.

Tips Agar Penyimpanan Internal Ponsel Tidak Cepat Penuh

1. Sering-Sering Bersihkan Cace

Seperti yang kita ketahui, cace adalah sebuah file yang terdapat pada sebuah aplikasi agar dapat di muat lebih cepat. Di dalam cace terdapat data-data kita seperti akun game, dan lain lain, Dengan membersihkan cace kita dapat mengkosongkan ruang penyimpanan.

2. Gunakan Penyimpanan Eksternal

Jika sekiranya penyimpanan internal ponsel kamu masih kurang besar, kamu bisa mencoba menggunakan memori eksternal seperti sd card. Untuk android 9 keatas kalian bisa mengabungkan penyimpanan eksternal dan internal menjadi satu di menu pengaturan/setelan.

3. Hapus Berkas Tidak Terpakai

Berkas seperti foto, musik, dan video sering kali di abaikan oleh beberapa pengguna. Padahal jika terlalu banyak berkas seperti itu maka akan menyebabkan penuhnya penyimpanan internal, pleh karena itu bersihkan berkas yang tidak terpakai.

4. Gunakan Penyimpanan Cloud

Penyimpanan cloud adalah penyimpanan berbasis online, jadi kamu tidak akan menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan data. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Google Drive dan lainya untuk membackup data.

5. Simpan Data di Komputer Atau FlashDisk

Jika kalian memiliki flashdisk ataupun komputer tidak terpakai, bisa di gunakan untuk menyimpan data agar menghemat penyimpanan internal. Kamu bisa menggunakan kabel OTG untuk mengghubungkan antara hp dan flashdisk.

Kesimpulan:

Itulah beberapa cara untuk menghemat memori internal ponsel. Jika terdapat pertanyaan bisa berkomentar di kolom komentar.